MANAJEMEN PROYEK


Struktur organisasi merupakan alat atau sarana yang bermanfaat untuk membantu proses pencapaian tujuan dalam sebuah proyek.

Berfungsi untuk mengkoordinasi dan mengatur segala sumber daya yang tersedia di proyek, seperti material, peralatan, modal hingga tenaga kerja.

Berikut struktur organisasi dalam proyek yang paling umum:

1.     Project Manager (PM)

Seorang yang bertugas dalam menentukan kebijakan dan aturan lainnya dalam manajemen proyek konstruksi, memimpin proyek serta melaporkan progres kerja merupakan jabatan pertama dalam struktur organisasi.

2.     Site Engineer (SE)

Tugas dan tanggung jawab :

a.     Menyampaikan petunjuk teknis kepada tim

b.     Mengatur dan membantu tim di lapangan

c.      Meyusun rencana kerja

3.     Quality Control (QC)

Tugas dan tanggung jawab :

a.     Memeriksa kualitas hasil pekerjaan, material konstruksi

b.     Memeriksa pekerjaan sesuai dengan gambar kerja dan rencana kerja

c.      Melakukan pengujian dan memeriksa pekerjaan sesuai dengan petunjuk teknis

4.     Drafter

Tugas dan tanggung jawab :

a.     Membuat gambar pelaksanaan (Shop Drawing)

b.     Menyesuaikan gambar perencana dengan kondisi nyata dilapangan

c.      Menjelaskan gambar kerja ke pelaksana dan surveyor

d.     Membuat gambar akhir pekerjaan (As Built Drawing)

5.     Pelaksana (Supervisor)

Tugas dan tanggung jawab :

a.     Mengatur dan mengorganisir para mandor, tukang dan kuli

b.     Menjelaskan pekerjaan dengan baik agar mudah dipahami

6.     Quantity Surveyor (QS)

Tugas dan tanggung jawab :

a.     Membuat laporan harian, mingguan dan bulanan

b.     Menghitung volume pekerjaan, material dan anggaran biaya

7.     Surveyor

Tugas dan tanggung jawab :

a.     Melakukan kegiatan survey dan pengukuran

b.     Menentukan titik elevasi, titik as bangunan dan titik-titik pekerjaan

8.     Logistik

Tugas dan tanggung jawab :

a.     Mengkoordinir alat dan bahan material

b.     Mengelola dan menyiapkan tempat penyimpanan (gudang)

c.      Melakukan pengadaan alat dan bahan material

9.     Safety Supervisor / Safety, Health and Environment (SHE)

Tugas dan tanggung jawab :

a.     Meninjau dan mengarahkan karyawan bekerja sesuai kewajiban dan standar operasional prosedur (SOP)

b.     Membuat program kerja K3 dan perencanaan pengimplementasikan agar tercipta lingkungan kerja yang sehat

No comments:

Post a Comment